Pahawang dan Curup Gangsa, Dua Surga Tersembunyi di Lampung

Tak banyak dijadikan tempat tujuan wisata, Lampung sebenarnya memiliki alam yang mempesona. Selain memiliki pantai dengan pasir putih yang indah, Lampung juga menyimpan keindahan alam bawah laut yang masih jarang dikunjungi masyarakat. Jika dibandingkan, keindahan pantai serta bawah lautnya setara lho dengan Lombok. Ga percaya? Yuk, kita jelajahi indahnya Lampung.

provinsi lampung

Keindahan alam Lampung apa sih yang pertama kali harus dikunjungi? Jawabannya adalah sebuah pulau bernama Pahawang. Sebelum menikmati surga yang sesungguhnya (Aamiiin…. semoga) harus datang dulu nih ke pulau yang bisa juga kita sebut suurga tersembunyi. Ini ga berlebihan lho. Suerrr…

Pulau Pahawang sendiri mulai dikenal masyarakat Indonesia karena keindahannya yang mempesona. Ditambah lagi tempatnya yang masih jarang dikunjungi wisatawan, membuatmu merasa ini pulau pribadi. Asyik, kan? Ga crowded, dan bisa sepuasnya menikmati kedamaiannya.

pulau pahawang lampung

Selain dapat memuaskan mata dengan keindahan alamnya, kamu bisa melakukan kegiatan seru di sini. Snorkeling salah satunya. Sebagai daya tarik utama dari pulau ini, berenang sambil menikmati keindahan terumbu karang dan biota lautnya di laut yang jernih bisa jadi obat anti stress mujarab dan memberikan menjadi kenangan yang sangat sulit dilupakan. Lebih sulit dari pada ngelupain mantan. Baper….

snorkeling di pulau pahawang

Puas snorkeling, yuk, lanjut ke kegiatan berikutnya. Menikmati keindahan Pulau Pahawang di tepi pantai yang damai, cocok banget untuk cuci mata. Kenapa begitu? Karena bule-bule ganteng berseliweran di depan matamu. Hehe… Indahnya  pemandangan saat matahari terbenam menghadirkan perpaduan langit oranye yang dipenuhi mega putih dengan permukaan laut yang dibias cahaya temaram. Berasa berada di belahan bumi mana, gitu.  Jangan lupa mengabadikan setiap detik keindahannya dengan mengambil foto sampai akhirnya matahari tenggelam dan langitpun jadi kelam. Ih… jadi puitis gini…

Kalo udah puas menikmati pantai dan laut Pahawang seharian penuh, kita beralih ke trip selanjutnya, yaitu menyambangi air terjun Curup Gangsa. Curup ini masuk juga lho ke dalam daftarku, sebagai surga yang tersembunyi. Gimana ga? Curup Gangsa menyuguhkan keindahan alam yang natural yang begitu menyegarkan!

curup gangsa - way kanan lampung

Nah, untuk bisa ke tempat ini, kita mengikuti seperti kata pepatah, bersakit-sakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Siap-siap dengan perjalanan yang lumayan panjang dan akses jalan yang apa adanya. Karena kurangnya perhatian pemerintah, akses menuju air terjun ini agak terjal dan sedikit menyusahkan. Tapi jangan khawatir merasa bosan, guys. Selama perjalanan, rimbun pepohonan hijau, perkebunan kopi, lada di sepanjang perjalanan, memberikan kesegaran pada mata, tubuh, dan hati yang sebelumnya kering. Hiks…. Curcol detected!

Sesampainya di air terjun Curup Gangsa, deburan suara air yang jatuh di bebatuan, suara aliran sungai, dan segarnya udara segera menyambut kita-kita yang letih dengan akses jalan yang penuh cobaan. Apa sih? Tidak usah menunggu lama-lama, langsung saja nyebur dan berenang di aliran sungai yang sangat jernih.

curup gangsa lampung

Nikmati juga keindahan alam di sekitar Curup Gangsa yang merupakan perpaduan pepohonan, bebatuan, dan tebing batu, serta air yang tumpah dari ketinggiannya. Pemandangan yang menakjubkan bisa kamu lihat tepat dari depan air terjun Curup Gangsa. Yaitu bentuknya yang lebih besar kesamping sehingga mirip air terjun Niagara namun versi imutnya. (Mekso…hihiii)

Ah, pokoknya ga seru deh, kalo cuma baca-baca doang! Kamu harus ke sini dan mengalaminya sendiri keindahan dari Pulau Pahawang dan Curup Gangsa. Ditunggu!